Beranda » Syair » Ringkasan Perjalananku

Ringkasan Perjalananku

Aha, inilah jejak perjalananku.   Ada mula pada sebuah pintu rumah miring disandarkan rumah reot.   Jalan tak bernama, daerah tak bertanda.

Ada ekas bercak darah tercecer, alur perayapanku.   Ada bebatuan bertumpuk berserak, menanda bekas luka dan serpihan kulitku.

Ada juga jejak menuju pohon-pohon rindang.  Tempat ku menarik nafas dalam dan lega, ruang melepas penatku.   Ada juga jejak menuju telaga bening, tuk lepaskan dahagaku.

Aha, aku ingat duri-duri runcing itu.   Dialah rasanya yang telah menghajar  perjalanan, berikut menyudahi takdir baikku.    Lalu ada cerita tentang airmata dari badan-badan yang terbaret-baret oleh luka.

Aha, aku juga tak pernah lupa jejakku di ngarai curam itu.    Ngarai yang dihiasi segaris jalan setapak di bibir atasnya.   Dari sanalah aku jatuh berguling-guling tiada henti.   Hingga gelap ngarai tempat pemberhentian, memerangkap beberapa saat arah terusan jalanku.

Ya, ya, aku ingat lagi, ada gemericik aliran sungai kecil yang kemudian menolong langkah tuk temukan cahaya hulu.   Ya, ya, aku ingat lagi, saat cahaya hulu datang, masih ada membentang belantara lebat yang mencakar-cakar sisa kulitku hingga sesuatu dibaliknya merasakan dahsyat sekarat hidup mati tak mau.

Berlalu hari itu, kini aku mulai berjalan lagi.   Sudah kuhafal semuanya yang mungkin terjadi, dari jejakku.  Nah, kan itu dia!!

Aha, seperti yang lalu-lalu.   Ada bercak dan peluh.  Ada air mata.   Ada penderitaan luka, di kulit dan hati yang menyerpih.  Tapi aku selalu tak lupa itu.  Ada pohon rindang untuk berteduh, telaga bening pengusir dahaga, ada gemericik air tuk temukan cahaya hulu.

Kutoleh jejakku lagi, lalu kini kugembira menyambutmu, episode lanjutan perjalananku.   Ada takut, tapi tidak sebegitu khawatir seperti dulu.

Aha, Tuhan melihatku.   Dari langit Ia tersenyum, melihat akhir tujuan yang disiapkan untukku.

Maospati, Rabu, Bakda Maghrib

15 Juli 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: