Beranda » Kedirgantaraan » Arti Tanggal 9 April Bagi Warga TNI AU

Arti Tanggal 9 April Bagi Warga TNI AU

Sejak tahun 1947, tanggal 9 April diperingati oleh warga TRI-AU sebagai HUT TRI-AU. Perkembangan TRI-AU sebagaimana menjadi AURIS, yaitu sejak penyerahan kedaulatan tahun 1949. Kemudian AURIS berubah secara otomatis menjadi AURI ketika  kita bangsa Indonesia kembali ke negara kesatuan RI tanggal 17 Agustus 1950. Dan 9 April 1961, HUT AURI ini berkembang menjadi Hari Penerbangan Nasional (Hapenas), dan dirayakan serta diperingati oleh seluruh unsur penerbangan Nasional, termasuk AURI di dalamnya, atau didalam merayakan Hapenas itu inklusip HUT AURI. Hapenas ini dirayakan dan diperingati secara nasional setiap tahunnya hingga 9 April 1973.  Sejak 9 April 1974 hari yang bersejarah bagi TNI-AU ini diperingati secara intern oleh seluruh warga TNI-AU, dan tidak lagi dirayakan sebagai Hapenas maupun tidak pula sebagai HUT TNI-AU.

Berdasarkan penelitian-penelitian sejarah yang telah dilakukan oleh TNI-AU yang bekerja sama dengan Pusat Sejarah ABRI, ternyata bahwa tanggal 9 April tidak menunjukkan data atau fakta sebagai Hari Penerbangan Nasional, ataupun sebagai Hari Jadi TNI-AU. Yang jelas bahwa tanggal 9 April 1946, merupakan hari disyahkannya Organisasi TRI-AU sesuai dengan penetapan Pemerintah Nomor 6/SD/1946, sebagai perkembangan dan penyempurnaan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Jawatan Penerbangan. Sedangkan TKR Jawatan Penerbangan itu sendiri sudah lahir dan dibentuk bersama-sama dan sejiwa denan pembentukan TKR berdasarkan Maklumat Presiden Nomor 6 tanggal 5 Oktober 1946. Tanggal 5 Oktober inilah yang kemudian dijadikan HUT TNI dan diperingati oleh kita seluruh warga TNI, dalam wadah Integrasi HANKAM.

Berdasarkan data sejarah tersebut diatas, TNI AU mengembalikan arti sejarah tanggal 9 April tersebut pada proporsinya secara wajar, dan sejak tanggal 9 April 1976 hari yang bersejarah bagi TNI AU ini diperingati sebagai Hari Pengesahan Organisasi TRI-AU.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: