Beranda » Dog Fight - Pertempuran Udara » Kisah Ditemukannya Ejection Seat

Kisah Ditemukannya Ejection Seat

Ejection seat, yang dalam istilah kita disebut dengan kursi lontar, adalah salah satu temuan teknologi yang berkembang berdasar dari kemajuan penelitian di bidang propulsi jet.   Kecepatan tinggi dan G force (gaya gravitasi) pada pesawat tentunya sangat menyulitkan bagi penerbang tempur untuk bail out (loncat) dari pesawat, apalagi bila posisi pesawat dalam keadaan kacau balau.  Sehingga desainer pesawat mencoba menciptakan sebuah kursi yang bisa otomatis terlepas dari pesawat dengan aman dan mengembangkan parasut bila pesawat sudah tidak bisa dipertahankan atau dalam keadaan bahaya. 

Bersamaan dengan dikenalkannya parasut bagi pesawat-pesawat tempur di tahun 1918, Jerman adalah negara pertama yang mencoba menggunakan ejection seat.   Sedangkan negara-negara sekutu tidak pernah menggunakan ejection seat sampai PD II berakhir.   Ejection seat secara operasional dipakai pertama kali pada pesawat He-280.   Ejection seat ini menggunakan sistem udara bertekanan tinggi, belum memanfaatkan ledakan/motor roket seperti yang umumnya dipakai sekarang.

Pada tanggal 13 Januari 1942, diadakan uji terbang pesawat He 280 dengan penerbang Flugkapitan Otto Schenk.   Dalam suatu ketinggian, pesawat menjadi tidak terkontrol karena ada lapisan es yang menggumpal di permukaan pesawat.   Ia kemudian melaksanakan sesuatu yang belum pernah dikerjakan oleh penerbang dimanapun, namun ribuan penerbang mengerjakannya kemudian, Eject !   Eject yang dilaksanakan dalam situasi gawat ini dilaksanakan dengan baik sekali.

Karena kesibukan perang, Jerman justru tidak melengkapi pesawat Me-262, jet pertama yang ikut dalam operasi militer, dengan ejection seat.   Padahal jet ini memiliki kecepatan yang tinggi (kecepatan Me-262 suda lebih dari 250 mil/jam).   Sehingga saat penerbang memutuskan untuk melaksanakan bail out, sesaat setelah merangkak keluar dari cockpit pesawat, penerbang tak sempat loncat menjauh dari pesawat dan mengembangkan payung karena tewas terhempas kebelakang dan menghantam ekor pesawat.

Penelitian teknologi ejection seat baru dimulai lagi setelah PD II berakhir.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: